advertisement

Chandra Ekajaya Jajakan Gudeg Kemasan

Friday, April 28th, 2017 - Bisnis
Advertisement
advertisement

Pengusaha Chandra Ekajaya memang tidak pernah kehabisan ide. Lelaki yang lahir di kota Malang, Jawa Timur 30 tahun silam ini memang mempunyai gagasan-gagasan yang unik. Kecintaannya pada makanan atau kuliner Indonesia membuat dia selalu banyak ide dalam mengolah dan mengemas masakan asli Nusantara. Setelah tahun lalu ia mengeluarkan produk sate padang kemasan, kini giliran Yogyakarta yang menjadi sasarannya. Kota yang menurutnya menjadi simbol kenangan ini menawarkan berbagai macam kuliner yang menggugah selera.

Satu yang dipilih oleh Chandra Ekajaya ini adalah gudeg. Makanan ini berasal dari nangka muda atau nangka yang belum matang. Diolah bersama dengan bumbu yang lain, maka nangka muda itu menjadi masakan yang sangat lezat, bernama gudeg. Orang Jawa pasti tahu kalau gudeg ini bisa disajikan menjadi dua macam bentuk, yang pertama adalah gudeg kering, sedangkan yang kedua adalah gudeg basah. Dari namanya sudah jelas bahwa beda kering dan basah ini terletak pada kuah.

Gudek Kemasan Chandra Ekajaya

Sayangnya, makanan gudeg ini tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama. Maka dari itu untuk dibawa menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang jauh sungguh sangat menyusahkan. Di sinilah Chandra Ekajaya piawai mengolah peluang dan kesempatan. Dari berbagai eksperimen yang dijalaninya bersama dengan tim, akhirnya ia bisa membuat gudeg dalam kemasan. Prinspnya sama seperti mie instan, dimana para konsumen hanya tinggal menyeduhnya dengan air panas. Tidak memerlukan waktu lebih dari tiga menit untuk membuatnya. Masyarakat yang berada di luar pulau Jawa sangat menantikan produk yang belum lama ini sudah dilaunching di kota Malang.

Gudeg, makanan yang identik dengan masyarakat monarki, kini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia tanpa harus takut makanan tersebut membusuk atau kadaluarsa. Pengusaha Chandra Ekajaya memang sangat pandai memainkan peranannya sebagai pebisnis. Selain itu ia juga berhasil mempromosikan masakan dan makanan kuliner khas Indonesia ke seluruh dunia. Karena banyak tenaga kerja Indonesia yang berada di luar negeri kangen dengan rasa makanan Yogyakarta ini. Mereka juga memperkenalkannya kepada penduduk asli negara tersebut.

Advertisement
advertisement
Chandra Ekajaya Jajakan Gudeg Kemasan |admin |4.5