advertisement

Mengenal Sosok Pengusaha Chandra Ekajaya Sang Founder Q Pizza

Friday, March 24th, 2017 - Bisnis
Advertisement
advertisement

Ketika kalian mempunyai dan hanya menggunakan sebuah ketekunan, maka perjalanan bisnis Anda akan tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan dari yang direncanakan. Gagal adalah hal yang biasa dalam menjalankan sebuah bisnis. Winston S. Churcill pernah memberikan sebuah kata mutiara yaitu Kesuksesan adalah perjuangan dari kegagalan demi kegagalan tanpa kehilangan antusiasme. Sukses dan gagal adalah sebuah mata uang yang memiliki dua sisi. Hal tersebut dikarenakan setiap Anda sukses, maka pasti akan mengalami sebuah kegagalan, dan kegagalan merupakan hal yang akan mendewasakan Anda untuk melakukan sebuah perbuatan yang lebih baik. Hal tersebut sangatlah cocok ketika pada artikel ini, saya akan menuliskan mengenai seorang sosok yang selalu tekun dalam menjalankan bisnis. Sosok tersebut kini sangat dikenal sebagai seorang pengusaha muda sukses yang diperhitungkan dalam dunia bisnis. Ya, dialah Chandra Ekajaya.

Lelaki kelahiran Malang, Jawa Timur tersebut dikenal sebagai sosok pengusaha yang telah mendapatkan kegagalan demi kegagalan dalam perjalanan bisnisnya. Perjalanan bisnis tersebut adalah hal yang tak dapat dilupakan olehnya, karena dalam meraih sukses ia harus menemu beraneka ragam kegagalan yang selalu menghampirinya. Darisanalah ia mendapatkan kedewasan dan solusi yang digunakannya untuk menyelesaikan beraneka macam kegagalan. Pengalaman adalah hal yang tak dapat ditemukan selain dengan kegagalan dan cerita pahit. Pebisnis satu ini adalah salah satu sosok yang memberikan keberhasilan bagi sebuah produk kuliner bernama Q Pizza.

Q Pizza adalah sebuah produk kuliner khas Italia yang menyediakan sebuah pizza dengan variasi rasa yang menarik dan khas Indonesia. Dengan kesabaran, ketekunan, dan motivasi yang tinggi Q Pizza berhasil menemu kesuksesannya selama kurun waktu 9 tahun membuka bisnis tersebut. Dari kesuksesan tersebut, otomatis menaikkan nama Chandra Ekajaya menjadi seorang pengusaha sukses. Kesuksesan tersebut tentu tidak ia temukan dalam satu malam, namun butuh waktu yang cukup panjang, produk tersebut menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia hari ini.

Baca Selengkapnya: Berikut Beberapa Menu Legendaris Q Pizza 

Ia dikenal memiliki mental baja terutama dalam hal melakoni kegiatan bisnis. Ia juga mempunyai setidaknya 1001 macam alasan untuk gagal dalam bisnis, dari tumbuh menjadi seorang anak yang berada dalam keluarga yang kesulitan ekonomi. Ibunya yang merupakan seorang buruh cuci dan ayahnya yang merupakan buruh kebun apel menjadikan Chandra kecil sebagai seorang anak yang memiliki sifat pekerja keras. Setiap hari ia sudah bangun pagi hari untuk datang ke sebuah pasar tradisional untuk membantu menyiapkan sayur mayur dan barang dagangan ke lapak-lapak penjual. Di sanalah kedewasannya pun tumbuh sebagai sosok anak kecil yang luar biasa. Bisnisnya tersebut dimulai selepas ia memutuskan untuk berhenti menjadi seorang mahasiswa. Keputusan meninggalkan dunia akademik merupakan keputusan yang bulat dipilihnya agar fokus melakoni kegiatan bisnis.

Menjalani bisnisnya di tahun pertam, tentu banyak hal yang ia pertaruhkan dimana ia harus tinggal di outlet Q Pizza bersama Edi Yosfianto, rekan bisnisnya. Di outlet tersebut ia melakukan sendiri setiap tugasnya, mulai dari membuat saus dan adonan untuk setiap harinya, serta menyiapkan topping sayuran dan daging, kemudian memotong keju hingga berjam-jam tanpa henti. Sementara itu Edi Yosfianto membantunya meracik bumbu-bumbu tersebut sehingga tersaji sebuah produk yang amat berkualitas sampai saat ini.

Kini tujuan bisnisnya pun telah tercapai dengan menjadi penjual pizza nomor satu dan membangun reputasi sebagai salah satu perusahaan pizza yang mampu menyajikan cita rasa yang istimewa, yaitu perpaduan antara Eropa dan Indonesia. Perjalanan sukses dalam bisnisnya pun tak berhenti begitu saja, dimana ia menyusun panduan ketat mengenai bahan yang digunakan dalam pizzanya, semua harus kelas atas yang paling penting, dan adonan harus selalu dibuat setiap hari. Upaya tersebut dilakukannya setiap hari sebagai salah satu upaya untuk membuat sebuah produk yang berkualitas.

Baca Selengkapnya: Mengapa Q Pizza Sukses? Simak Kisah Sukses Berikut

Pada tahun kesembilan produk pizzanya pun mulai dikenal di kalangan umum, hal tersebut dikarenakan strategi bisnisnya yang sangat menarik. Dengan bantuan teknologi berupa media sosial, produk-produk pizzanya pun melejit dan mendapatkan tempat di lidah para konsumen yang terkategori tak hanya sebagai seorang pecinta kuliner saja. Perlahan-lahan ia membangun bisnisnya tersebut dan berjuang untuk melawan gelombang kompetisi yang semakin ketat, terutama dalam industri pizza yang terus tumbuh berkembang. Ia pun terus melakukan lebih dari sekadar mempertahankan bisnisnya, namua ia juga membangun reputasi yang tak tertandingi untuk Q Pizza sebagai restoran yang mampu memberikan pizza panas yang lezat, dalam waktu lima hingga sepuluh menit mampu disajikan perusahannya kepada para konsumen.

Reputasi tersebut akhirnya berbuah hasil, dimana Q Pizza menjadi bisnis pizza yang mampu menyajikan pizza secara cepat, dan hal tersebut menjadikan bisnisnya terus tumbuh sebagai bisnis yang diperhitungkan dalam dunia kuliner Indonesia hari ini. Sosok pengusaha muda tersebut pun sangat menarik, dimana ia dikenal sebagai pribadi yang sederhana dan tidak sombong meskipun keuntungan bisnisnya pun sudah miliaran rupiah. Kini, variasi produk pun juga terus dikembangkan, dimana ia menyajikan sebuah pizza dalam bentuk kemasan agar mampu diakses oleh para konsumen dari seluruh Indonesia. Produk pizza kemasan tersebut seperti halnya mie instan yang ditampilkan dengan sebuah bungkusan dan mengajak para pecinta kuliner untuk meracik pizza buatannya sendiri. Keputusan untuk menyajikan bisnis pizza kemasan pun sudah ia perhitungkan sejak lama, dan merupakan salah satu bagian dari rencana bisnis yang ia bangun.

Kini kesuksesan demi kesuksesan pun telah berhasil dicapainya, dimana ia memiliki sekitar puluhan outlet pizza yang tersebar di seluruh Indonesia. Outlet-outlet tersebut pun dikelola olehnya, dimana setiap outlet terintegrasi dengan outlet pusat. Setiap harinya 4000 hingga 5000 pizza berhasil disajikan olehnya kepada para konsumen yang memesan seloyang pizza buatan dari Q Pizza. Dari permintaan pasar yang cukup besar itupun, ia berhasil menghasilkan keuntungan hingga miliaran rupiah setiap bulannya, dimana beberapa keuntungan tersebut digunakan olehnya untuk kegiatan sosial.

Selain dikenal sebagai seorang pengusaha, sosok ayah satu anak ini dikenal pula sebagai seorang yang peduli terhadap kegiatan sosial yang ada disekitarnya. Hal tersebut direalisasikan lewat beberapa lembaga yang dilahirkannya termasuk, lembaga pendidikan bisnis bernama Yuk Bisnis School yang mengajak para generasi pengusaha muda Indonesia untuk mempelajari membuat produk dan memanajemen bisnis ala Chandra Ekajaya. Sekolah bisnis itu pun dibangun menggunakan beberapa keuntungan dari bisnis pizza miliknya. Sosok yang peduli pendidikan ini pun juga dikenal sebagai pribadi yang menarik dan mempunyai ketertarikan di bidang sosial, dimana ia juga mengenalkan kepada warga desa mengenai pentingnya menciptakan bisnis dengan potensi alam yang ada. Ia juga seorang socialpreneur yang memanfaatkan orang-orang desa agar mampu hidup secara mandiri. Ya, itulah kisah inspiratif di bidang bisnis ala Chandra Ekajaya. Mari berbisnis dan teruslah melangkah untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Advertisement
advertisement
Mengenal Sosok Pengusaha Chandra Ekajaya Sang Founder Q Pizza |admin |4.5