advertisement

Giro Pilihan Usaha

Friday, March 17th, 2017 - Bisnis
Advertisement
advertisement

Para pengusaha di era digital seperti sekarang masih menjatuhkan pilihannya kepada salah satu fasilitas bank yang disebut giro. Jenis simpanan yang satu ini memang lebih banyak dipilih oleh para pelaku usaha. Biasanya lembaga atau institusi, bahkan individu lebih sering menggunakan giro unruk transaksi pengelolaan likuiditasnya. Walaupun bank mempunyai jenis simpanan yang mirip dengan giro, tetapi jenis simpanan ini masih menjadi pilihan utama.

Kelebihan giro bila dibandingkan jenis simpanan yang lain adalah kelenturan atau fleksibilitasnya. Misalnya untuk proses transfer atau pemindahan dana bisa dilakukan secara efektif dan efisien serta cepat dan aman. Berbeda dengan jenis produk bank lainnya, sarana yang digunakan giro untuk tranfer dana berbasis warkat

Warkat adalah proses pemindahan dana menggunakan cek dan bilyet giro. Mengenai dua sarana ini, ternyata yang lebih sering digunakan oleh konsumen adalah fasilitas bilyet giro. Menurut keterangan para pengusaha, bilyet giro memang mempunyai banyak kelebihan bila dibandingkan dengan cek. Diantaranya terdapat tanggal efektif.

bilyet giro

Fungsi dan manfaat dari tanggal efektif ialah memungkinkan masyarakat, terutama penggunanya untuk mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam hal pengelolaan dana likuiditas dan penarikan. Selain itu, kelebihan lainnya adalah bilyet giro tidak bisa dipindahtangankan, sehingga lebih aman. Kemudian bilyet giro pun juga tidak dapat dibayarkan dalam wujud uang tunai. Produk ini hanya menerima pemindahbukuan.

Bilyet giro adalah salah satu alat pembayaran nontunai yang saat ini paling digemari. Produk ini masih sangat dibutuhkan dan diminati oleh masyarakat Indonesia terutama untuk melakukan transaksi pembayaran, baik jual dan beli dalam kegiatan perekonomian nasional. Bahkan karena terlalu diminatinya jenis produk bank ini, maka sisi keamanan dan perlindungan dari pemakaian bilyet giro terus ditingkatkan.

Bila dipahami secara prinsip, bilyet giro merupakan sarana perintah pemindahbukuan. Produk ini ditulis menggunakan Bahasa Indonesia dan diterbitkan dalam mata uang rupiah, serta tidak dapat dipindahtangankan. Pemerintah pun menerbitkan peraturan terkait bilyet giro. Peraturan itu membahas tentang pokok-pokok pengaturan bilyet giro tersebut.

Giro Bilyet

Misalnya saja terkait faktor keamanan. Maka pencetakan bilyet giro nantinya akan disesuaikan dengan ketentuan baru yang akan dilengkapi dengan unsur pengaman. Unsur pengaman tersebut setidaknya terdiri dari 5 unsur pengaman. Ini masih sedikit bila dibandingkan dengan uang rupiah yang dilengkapi dengan 8 hingga 12 unsur pengamanan.

Pihak yang nantinya ditunjuk sebagai percetakan pun disesuaikan dengan percetakan dokumen keamanan yang terdaftar. Bila pada proses sebelumnya bilyet giro dapat diserahkan oleh pihak lain selain penerima kepada bank, maka dengan regulasi yang baru, pihak yang menerima harus menyerahkan bilyet giro secara langsung atau dapat memberikan kuasa kepada bank penerima. Sehingga saat ini penerima tidak dapat menyerahkan bilyet giro kepada bank yang tertarik. Ini demi keamanan nasabah.

 

 

Advertisement
advertisement
Giro Pilihan Usaha |admin |4.5