advertisement

Internet Teknologi Pengusaha Zaman Digital

Thursday, April 13th, 2017 - Lifestyle
Advertisement
advertisement

Saat peralihan abad 20 menuju abad 21, ditandai munculnya sebuah teknologi informasi yang sangat canggih dan masih digunakan hingga sekarang, teknologi itu bernama internet. Dengan adanya teknologi tersebut, dunia saling terkoneksi satu sama lain. Bahkan internet adalah dunia tersendiri yang membuktikan bahwa ada di dunia lain di frekuensi yang lain.

Perkembangan internet sendiri dimulai sejak munculnya komputer. Sebab komputer adalah perangkat keras yang menghubungkan dunia ini dengan jaringan internet. Pada mulanya komputer dibuat untuk membantu mengoptimalkan peperangan. Saat itu terjadi perang dunia kedua. Maka banyak strategi perang yang disandikan, supaya pihak musuh tidak mengetahui bagaimana siasat mereka.

Fungsi dan peran komputer dalam perang dunia kedua sangat besar. Dengan munculnya komputer, maka sandi yang susah diterjemahkan bisa dibahasakan dengan bahasa yang umum, sehingga para negara pemenang perang dunia tersebut benar-benar memaksimalkan dan mengoptimalkan fungsi dari komputer. Pasca perang dunia kedua, fungsi komputer mulai bergeser ke ekonomi, terutama di sektor ekonomi.

Setelah itu, dua dekade kemudian terjadi perang dingin antara USSR (Uni Soviet) dengan negara USA (Amerika Serikat). Efek dari perang dingin ini terjadi persaingan perkembangan teknologi. Perang yang akhirnya dimenangkan oleh negeri paman sam itu akhirnya berbuah perkembangan teknologi yang sangat pesat, salah satunya adalah munculnya teknologi internet.

Internet sendiri dikembangkan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat, terutama di sektor militer. Pada awalnya tujuan pengembangan internet ini untuk mengubungkan komputer-komputer yang berada di wilayah yang penting. Selain itu fungsi ini menghindari pemusatan data, supaya bila dikalahkan oleh musuh atau pun markas besar dimana komputer tersebut berada dihancurkan, maka data-data militer yang bersifat rahasia tidak akan bocor ke pihak musuk karena telah di simpan di frekuensi tertentu yang disebut internet.

Teknologi Internet

Setelah kondisi dunia tidak lagi disibukkan dengan perang dan dipenuhi dengan kedamaian, maka fungsi dan peran internet mulai berubah. Teknologi ini mulai digunakan untuk pendidikan, biasanya digunakan oleh universitas-universitas terkemuka untuk membantu penelitian serta pengarsipan.

Konsekuensi dari munculnya internet di peradaban manusia adalah ketiadaan batas antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Bila teknologi sudah tersentuh publik atau masyarakat, maka hanya ada satu akibat, yaitu nilai ekonomis dari teknologi tersebut. Maka tidak heran hanya dalam waktu setengah abad internet sudah menggantikan berbagai media secara umum.

Bila pada dekake 1930an hingga 2000an surat kabar menjadi primadona utama sumber informasi, yang pada perkembangannya mulai digeser oleh radio dan televisi, tetapi tetap surat kabar menduduki peringkat pertama kebutuhan masyarakat terhadap informasi. Tetapi sejak munculnya internet, surat kabar mulai menemukan senja kalanya. Bahkan radio dan televisi pun juga demikian.

Internet merupakan sebuah dunia yang lengkap. Apapun yang dicari oleh manusia hampir pasti ada di teknologi tersebut. Terlebih pada dekade 2010an perkembangan internet sudah sangat pesat, sehingga banyak orang yang melihat peluang dan kesempatan yang terbuka lebar. Banyak pengusaha-pengusaha di bidang teknologi, komunikasi, dan informasi bermunculan.

Perangkat keras komputer mengalami perkembangan yang signifikan. Sebab saat orang ingin mengakses internet maka ia memerlukan perangkat keras yang bernama komputer. Makanya banyak para pengusaha yang kemudian berebut pangsa pasar dengan menawarkan produk-produk terbaru dan termutakhir. Komputer pun mengalami evolusi yang luar biasa. Hanya dalam waktu sepuluh tahun, perkembangannya melampau ekspektasi pada umumnya.

Begitu juga dengan dunia gadget. Telepon genggam atau lebih dikenal dengan sebutan hand phone mengalami perkembangan yang luar biasa cepat. Berawal dari telepon yang ditemukan oleh Alexander Graham Bell. Kemudian pada pertengahan dekade 90an mulai diluncurkan pager, lalu telepon genggam pertama oleh para pengusaha. Perangkat teknologi tersebut langsung diserbu oleh orang-orang kaya, karena pada masa itu tidak setiap orang mampu membelinya.

Para pengusaha pun tidak ragu-ragu untuk membiayai para peneliti serta ilmuwan supaya menghasilkan produk yang mempunyai fitur bagus serta menunjang kehidupan masyarakat. Maka telepon genggam pun berubah, dari yang berlayar monokrom, kini menjadi smart phone yang memiliki fitur-fitur canggih, selain itu bisa terkait dengan internet.

Kebutuhan Internet Pengusaha

Penyedia jasa layanan internet pun juga mulai berbenah. Di Indonesia ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang tersebut. Misalnya perusahaan Telekomunikasi Indonesia (Telkom), Indosat, Telkomsel, XL, dan sebagainya. Perkembangan dunia digital sudah teramat cepat. Wajar jika para pengusaha saling berlomba mengeluarkan produk-produk terbaiknya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Di sektor aplikasi sistem pun para pengusaha berupaya menggenjot pendapatannya. Misalnya aja di bidang pustaka. Meskipun perpustakaan mempunyai segmen pasarnya sendiri, tetapi pembuatan buku dengan format digital sudah menjadi keniscayaan. Bahkan boleh dibilang perpustakaan saat ini pun juga menawarkan pelayanan-pelayanan pustaka dalam bentuk digital. Misalnya saja perpustakaan nasional online, dan sebagainya.

Buku yang merupakan sumber pengetahuan saja mulai bertransformasi ke wujud digital atau maya, non fisik. Maka pasti sektor kehidupan yang lainnya akan mengikuti, terutama bidang ekonomi dan politik.

Bila dikaitkan dengan antropologi sosial, para pengusaha juga sangat jeli dalam membaca karakter sasaran pasar. Misalnya saja di Indonesia, para pengusaha smart phone pasti akan membuat gadget yang mempunyai fitur kamera sangat bagus. Hal ini didasarkan atas riset dan penelitian yang menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia sangat senang berkumpul dan mengabadikan momen-momen penting. Selain itu masyarakat Indonesia juga sangat senang swafoto. Bahkan majalah internasional pernah menyebutkan swafoto adalah hal yang paling populer di region Asia Tenggara.

Saat kunjungan raja Salman ke Indonesia, bahkan presiden Jokowi pun mengabadikan momen tersebut dengan membuat video blog. Fenomena ini sudah menunjukkan bahwa era internet atau peradaban digital sudah sangat menderu seluruh lini kehidupan manusia. Maka para pengusaha wajib untuk peka dan terus berpacu dalam kreativitas dan membuat inovasi.

Kamera yang bagus, jaringan internet yang cepat dan stabil, serta kemudahan penggunaan perangkat menjadi kisi-kisi produk yang laku di pasar Indonesia. Pengusaha yang berada di luar negeri, mau tidak mau harus menyesuaikan karakteristik produknya dengan kebutuhan masyarakat di mana produk itu didistribusikan.

Bila para pengusaha melakukan strategi demikian, maka perusahaan miliknya pasti akan berumur panjang. Selain itu harga yang kompetitif pun juga menjadi syarat utama. Karena pasti akan muncul kompetitor yang bergerak di sektor yang sama dan menawarkan berbagai kemudahan dan kelonggaran supaya publik mengonsumsinya.

Dengan melakukan peningkatan, baik dalam bentuk perangkat keras atau pun perangkat lunak, membuat produk-produk semakin bisa diterima oleh masyarakat. Bahkan ada yang bisa bertahan hingga saat lama, meskipun produk tersebut sudah sangat ketinggalan zaman. Misalnya saja Nokia dengan kemampuannya yang hanya bisa untuk short messaging service dan telepon masih menjadi primadona di hati generasi sebelumnya, dan bahkan masih dipakai untuk menunjang kebutuhkan komunikasi sehari-harinya.

Advertisement
advertisement
Internet Teknologi Pengusaha Zaman Digital |admin |4.5